Parenting

Pengalaman Laparoscopy Kista

Hi moms, jadi beberapa bulan lalu aku melakukan tindakan laparoscopy kista, waktu hamil Adam sampai melahirkan Alhamdulillah dinyatakan bersih kista, setelah hamil adam aku hanya ngerasain sekali haid setelah itu 8 bulan tidak haid, aku kira wajar karena masi ASI, tapi lama lama perut suka sakit pinggang sakit banget, kirain aku kecapean holiday hehehe, ahirnya aku mutusin untuk periksa sekalian papsmir pasca melahirkan, ternyata pas di USG dokter juga bingung aduh kok ada kista besar banget, rasanya nyessss banget kaget kok tiba-tiba, kista nya 11 cm itu besar banget rahimnya sampe keliatan kecil karena ketutup kista, dilihat dari bentuknya kata dokter itu kista dermoid, aku share ya macam-macam kista.

1. Kista Corpus Luteum
Penyakit kista ini adalah salah satu jenis penyakit kista yang paling sering terjadi, biasanya penyakit kista ini tidak menunjukan gajala yang menonjol dan dapat berukuran 2-6 cm diameternya. Ketika telur keluar dari ovarium menuju rahim, maka folikel dapat terkunci dan terisi darah ataupun cairan, dan hal inilah yang membentuk kista jenis corpus luteum. Rasa sakit yang luar biasa akan terasa ketika ukurannya menjadi bertambah besar dan menyebabkan batang ovarium terlilit (twisted), dan biasanya solusi yang rekomendasikan adalah dengan melakukan tindakan operasi pengangkatan kista.

2. Kista Hemorrhagic
Yaitu timbulnya pendarahan dalam kista fungsional, dan gejala yang biasa menyertainya adalah kram pada perut.

3. Kista Dermoid
Penyakit kista jenis ini biasanya menyerang kaum wanita yang berusia lebih muda dan dapat tumbuh besar hingga mencapai 15 cm dan berisi tidak hanya cairan akan tetapi lemak, rambut, jaringan tulang rawan. Penyakit kista jenis ini dapat menimbulkan peradangan dan menyebabkan posisi tuba fallopi terlilit (torted/twisted)

4. Kista Endometrium
Jenis penyakit kista ini dapat terjadi karena jaringan lapisan rahim (endometrial) hadir dalam ovarium wanita. Kista ini biasanya berisi darah kecokelatan dan memiliki ukuran yang berkisar antara 2 - 20 cm. kista endometrium ini memiliki karakteristik : menyerang kaum wanita pada usia reproduksi, menimbulkan rasa sakit yang luar biasa ketika wanita tersebut haid, dan yang paling berahaya adalah dapat mengganggu kesuburan (fertilitas).

5. Kista Denoma
Yaitu bila tumor terbentuk dari jaringan ovarium. Tumor jenis ini biasanya berisi cairan dan dapat berukuran sangat besar, bahkan dapat mencapai 30 cm atau lebih.

Nah aku kista dermoid jalan keluarnya hanya dengan operasi, ahirnya aku ambil tindakan laporiscopy di RSPI , prosesnya gak lama tapi ya di bius total, sebenernya itu sih yang bikin deg-deg kan, ufe0fAlhamdulillah selesai operasi 2 hari udah boleh pulang bekasnya kecil banget gak keliatan, dan Alhamdulillah belum lengket rahim jadi rahim baik-baik saja gak harus diangkat makanya saran aku jangan didiemin kalo besar banget apalagi dermoid bisa gede sampe 15 cm,,,

Jujur sedih sih takut ga bisa punya anak lagi, apalagi pernah kedokter yang beda, iseng aja dia bilang iya aku kista, karena aku selalu cari second option , tapi dokter nya bilang aku telurnya kecil-kecil jadi harus bersyukur bisa dikasi adam cepet hanya kosong sebulan nanti abis operasi kalo mau punya anak lagi katanya ya besarin telur nya dulu, sedih deh, tapi memang manusia hanya bisa prediksi semua ditangan Allah, aku ga program apapun pas kista diangkat hanya 2 kali, ngerasain haid abis itu positif hamil dengan kondisi telur ku gak aku apa apain dan gak minum apa apa hehehe,,

Semangat untuk semua perempuan yang ingin punya keturunan walaupun ada kista inget aja kista udah lumrah di perempuan keluarga aku, tante-tante ku ,mama ku pada kista tp anaknya banyak-banyak hehehe,, yang penting diobatin dan jangan takut periksa dokter plus paling penting doa sama Allah, jauhin junk food, aku si waktu mau hamil Adam ya minum Vitamin e aja.. kan bagus.., banyak madu sama korma, semangat semua..



Related posts

Leave A Comment